Jamban Jongkok Lebih Baik Dari Pada Jamban Duduk

iPendidikan.com - Dear Sejawat, sesuai judul artikel ini kami akan membahas kenapa jamban jongkok lebih baik untuk kesehatan dari pada jamban duduk. Jamban adalah tempat manusia untuk membuang kotorannya.

Jamban Jongkok Lebih Baik Dari Pada Jamban Duduk

    Jamban merupakan salah satu benda yang wajib ada di sebuah rumah. Tanpa adanya jamban di dalam rumah, maka rumah itu belum bisa di katakan rumah yang ideal.
Beberapa tahun silam masih banyak masyarakat desa yang belum memiliki jamban di dalam rumah.

Mereka masih menggunakan sungai / kebun untuk buang air.
Seiring berkembangnya zaman masyarakat mulai membangun jamban di dalam rumah bahkan di zaman modern sekarang ini setiap kamar di sediakan jamban. 

Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam menjelaskan bahwa salah satu penyebab penyakit hemoroid adalah posisi buang air besar yang salah. 

Jika seorang menggunakan jamban duduk maka akan mudah untuk melakukan aktifitas seperti bermain telepon genggam, merokok, membaca koran. Sedangkan jika anda menggunakan jamban jongkok pasti rasanya ingin segera keluar dari toilet. Karena pada dasarnya jongkok itu lebih cepat lelah dari pada duduk. 

Menurut kami Jamban duduk lebih cocok untuk digunakan oleh seorang lanjut usia (lansia) / yang mempunyai penyakit seperti hipertensi, anemia.

Selain mempermudah pasien untuk buang air, jamban duduk juga mengurangi resiko terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan seperti terjatuh / terpeleset.
Jika jamban duduk itu digunakan oleh orang banyak seperti di terminal, pasar / tempat lainnya. Maka penularan penyakit akan lebih mudah di tularkan. Seperti penyakit GEA (diare), typhoid (tipes), serta penyakit kulit.

Karena ketika buang air pada jamban duduk otomatis kulit akan menempel pada jamban, jika jamban itu kurang bersih maka seorang yang menggunakannya setelah itu akan mudah terserang kuman, bakteri maupun virus penyebab penyakit.

Sedangkan jika menggunakan jamban jongkok resiko untuk tertular penyakit bisa di kurangi.
Ketika buang air besar dengan posisi jongkok sudut an0rekt4l menjadi lurus ke bawah sehingga memudahkan seseorang untuk menekan tinja (feses) ke luar dari 4nus.

Menurut kami jamban jongkok lebih baik dari pada jamban duduk selain baik untuk kesehatan juga perawatan lebih mudah serta tentunya harga lebih terjangkau. 


Jika anda ingin memasang jamban maka perlu di perhatikan hal-hal berikut :
  • Jika jamban di gunakan orang banyak maka pilihlah jamban jongkok.
  • Jika untuk pribadi (diri sendiri) maka bisa di memilih jamban duduk. 
Baca juga : Penyebab air kencing berwarna kuning setelah minum obat.

Cukup sekian pembahasan tentang jamban jongkok lebih baik dari pada jamban duduk, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Suatu ilmu akan bermanfaat jika di ajarkan kepada orang lain.
Jadi jangan lupa, bagikan kepada siapa saja yang mengenal anda.
Terima kasih. Salam sehat, Tim iPendidikan.